CD Interaktif Company Pofile Perusahaan Sebagai Sarana Promosi 2010

Dalam dunia marketing (pemasaran) ada yang kita kenal dengan istilah marketing mix (bauran pemasaran) yaitu seperangkat alat pemasaran taktis produk, harga, tempat dan promosi yang berada dalam kendali manajer pemasaran perusahaan dan perusahaan memadukannya untuk mendapatkan respon yang diinginkan oleh target pasar (Kotler & Amstrong, 1996). Marketing mix ini terdiri dari 4P, antara lain : Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi). Untuk mencapai tujuan perusahaan ke empat elemen ini harus ada dan saling berkesinambungan.

Promosi merupakan salah satu ujung tombak pengenalan suatu produk maupun perusahaan kepada masyarakat. Promosi dapat mencitrakan dan memposisikan suatu produk atau perusahaan di mata khalayak umum, maka jangan heran biaya promosi bisa sangat besar pada saat pengenalan suatu produk perusahaan ini dikarenakan sangat pentingnya elemen promosi untuk mendapatkan perhatian dan ketertarikan masyarakat akan produk perusahaan.

Multimedia Interaktif saat ini merupakan salah satu sarana promosi yang sedang berkembang dan banyak dipakai oleh perusahaanperusahaan besar, karena melihat dari efektifitas dan hasil yang diperoleh dari sarana promosi ini.

Sekilas Mengenai Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif merupakan istilah bagi suatu program aplikasi komputer yang menggabungkan audio dan visual, disertakan dengan animasi-animasi yang dapat diakses sesuai dengan kehendak user. Multimedia interaktif berisikan company profile maupun spesifikasi produk suatu perusahaan sebagai salah satu sarana promosi.

Ada beberapa kelebihan dari sarana promosi menggunakan Multimedia Interaktif ini, antara lain :

* Memberikan visualisasi berupa gambar, foto maupun video dari suatu produk
* Dilengkapi dengan sound (suara) yang interaktif
* Masyarakat mendapatkan penjelasan lebih rinci dibandingkan dengan penggunaan media poster, brosur maupun pamflet
* Masyarakat dapat dengan mudah mengetahui informasi produk sesuai dengan kehendak
* Membuat efisiensi untuk komponen biaya pemasaran, karena dengan pembuatan 1 multimedia interaktif dapat di copy-copy hingga berkali-kali (tak terhingga)
* Multimedia interaktif ini bisa di akses melalui internet atau dapat didownload oleh masyarakat umum bagi yang ingin mengetahui produk-produk perusahaan lebih lanjut
* Visualisasi berupa animasi yang atraktif, interaktif sehingga dapat menarik minat masyarat untuk lebih lanjut mengetahui produk perusahaan
* Bisa dijadikan suatu souvenir bagi masyarakat ataupun kolegakolega perusahaan anda sebagai pengenalan produk perusahaan