PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK

• Definisi :
Perancangan perangkat lunak adalah disiplin manajerial dan teknis yang berkaitan dengan pembuatan dan pemeliharaan produk perangkat lunak secara sistematis, termasuk pengembangan dan modifikasinya, yang dilakukan pada waktu yang tepat dan dengan mempertimbangkan faktor biaya.

• Tujuan :
Tujuan perancangan perangkat lunak adalah untuk :
• memperbaiki kualitas produk perangkat lunak
• meningkatkan produktivitas
• memuaskan teknisi perangkat lunak.

• Pengertian produk perangkat lunak :
Produk perangkat lunak adalah perangkat lunak yang digunakan oleh berbagai pengguna, bukan untuk pengguna pribadi.

• Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sebuah produk perangkat lunak :
• kebutuhan dan batasan-batasan yang diinginkan pengguna harus ditentukan dan dinyatakan secara tegas,
• produk perangkat lunak harus dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mengakomodasi paling tidak kepentingan tiga pihak berikut :
1. pelaksana implementasi,
2. pengguna,
3. dan pemelihara produk,
• penulisan source code harus dilakukan dengan hati-hati dan senantiasa melalui tahap uji,
• dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung seperti :
1. prinsip pengoperasian,
2. user’s manual,
3. instruksi instalasi,
4. dokumen pemeliharaan,
• menyiapkan bantuan pelatihan.

• Tugas-tugas pemeliharaan perangkat lunak meliputi :
• analisa terhadap permintaan perubahan,
• perancangan ulang dan modifikasi terhadap source code yang diikuti dengan serangkaian proses uji,
• dokumentasi perubahan dan pembaruan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan modifikasi,
• penyebaran produk yang telah mengalami modifikasi ke situs-situs pengguna.

• Jarak inteletual
• Pemetaan antara model dengan realitas yang dimodelkan dikenal sebagai jarak intelektual antara suatu persoalan dengan komputerisasi solusi atas persoalan tersebut.
• Prinsip dasar perancangan rekayasa perangkat lunak adalah merancang produk perangkat lunak yang meminimalkan jarak intelektual.

• Modul
• Prinsip dasar untuk menangani kerumitan dalam perancangan perangkat lunak adalah dengan melakukan dekomposisi terhadap sistem yang berukuran besar ke dalam beberapa subsistem yang lebih kecil.
• Unit dekomposisi tersebut dinamakan modul.
• Dalam dekomposisi tersebut harus ditetapkan pengantarmukaan (interfacing) antar setiap subunit, baik pengantarmukaan kendali maupun data.
• Pengantarmukaan kendali dilakukan dengan mekanisme hubungan pemanggilan (calling) antar modul.
• Pengantarmukaan data dilakukan dengan mekanisme penyampaian parameter (parameter passing) antar modul.

• Programmer
Programer adalah individu yang bertugas dalam hal rincian implementasi, pengemasan, dan modifikasi algoritma serta struktur data, dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu.

• Software Engineer
• Software engineer bertugas melakukan analisa, rancangan, uji dan verifikasi, dokumentasi, pemeliharaan perangkat lunak, serta pengelolaan proyek.
• Software engineer harus mempunyai keterampilan dan pengalaman seorang programmer

• Kualitas Produk Perangkat Lunak
Beberapa atribut yang merupakan ukuran kualitas perangkat lunak adalah :
• kegunaan, yaitu pemenuhan terhadap kebutuhan pengguna,
• keandalan, yaitu kemampuan melaksanakan fungsi yang diinginkan,
• kejelasan, yaitu penulisan program dilakukan secara jelas dan mudah dimengerti,
• efisiensi, terutama dalam waktu eksekusi dan penggunaan memory