A banana a day keeps the doctor away!


Pisang mengandung tiga gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Jika ketiga substansi tersebut dipadikan dengan serat, maka pisang akan menjadi sumber energi yang bisa diandalkan. Sebuah riset menunjukkan bahwa dua buah pisang saja mampu menyediakan energi untuk berolahraga selama 90 menit! Tak heran jika pisang menjadi buah kegemaran para atlit. Namun energi bukanlah satu-satunya manfaat yang diberikan oleh buah berkulit kuning ini. 

Inilah sebagian alasan mengapa pisang harus menjadi buah favorit Anda,:

- Depresi. Berdasar penelitian terhadap para penderita depresi, sebagian besar dari mereka merasa lebih baik setelah memakan pisang. Ini disebabkan adanya kandungan tryptophan, sejenis protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yaitu hormon yang bisa membuat kita tenang, santai dan gembira.

- PMS. Lupakan pil-pil PMS anda dan ambilah pisang. Vitamin B6 yang ada di pisang dapat mengendalikan kadar glukosa dalam darah sehingga mood anda akan menjadi lebih baik.

- Anemia. Karena kaya akan zat besi, maka pisang memiliki kemampuan untuk menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah.

- Tekanan Darah. Selain zat besi, pisang juga dikenal kaya akan potassium dan rendah akan garam. Ini menjadikannya sangat baik untuk menanggulangi tekanan darah yang tinggi. 

- Kekuatan Otak. Sebanyak 200 pelajar di Inggris berhasil melalui ujian di sekolahnya dengan baik setelah mereka mengonsumsi pisang pada saat sarapan dan makan siang untuk meningkatkan kemampuan otak mereka. Menurut studi, buah ini dapat menjadikan siswa lebih awas terhadap pelajaran.

- Sembelit. Pisang memiliki kadar serat cukup tinggi. Konsumsi pisang secara teratur akan membuat usus besar anda bekerja maksimal sehingga BAB pun menjadi lancar.

- Mual di pagi hari (morning sickness). ‘Ngemil’ pisang disela-sela jam makan bisa menaikkan kadar gula darah dan mencegah anda dari rasa mual.

- Gigitan nyamuk. Gosoklah bagian tubuh anda yang telah digigit nyamuk dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak orang yang meyakini bahwa cara ini dapat mengurangi bentol dan rasa gatal.

- Ketegangan. Pisang kaya akan vitamin B, sehingga sangat bagus untuk mengendurkan sistem saraf yang tegang.

- Temperatur. Banyak budaya di dunia menganggap pisang sebagai buah yang "mendinginkan" yang dapat menurunkan temperatur fisik maupun emosi khususnya pada ibu yang sedang mengandung. Contohnya di Thailand, wanita hamil disana harus mengonsumsi pisang agar bayinya lahir dengan temperatur yang nyaman.

- Stop merokok. Anda yang sedang berusaha untuk berhenti merokok ada baiknya mencoba makan pisang secara rutin. Kandungan vitamin B6 dan B12 serta potassium dan magnesium dalam buah ini dapat membantu tubuh untuk pulih dari pengaruh turunnya asupan nikotin.

- Stres. Potassium adalah mineral penting yang membantu dalam menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Saat kita stress, kadar potassium di tubuh kita menurun. Jadi, pisang sangat baik untuk mengurangi stres.

- Stroke. Menurut The New England Journal of Medicine, memakan pisang secara rutin dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke hingga 40%!

- Kutil. Para penggemar pengobatan alternatif yakin bahwa dengan menempelkan (dibantu dengan plester luka) bagian dalam kulit pisang diatas kutil dapat menghilangkan penyakit kulit tersebut.

Itu baru sebagian saja dari manfaat buah pisang. Jika dibandingkan dengan satu buah apel, satu buah pisang mengandung protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, fosfor b>tiga kali lebih banyak, vitamin A dan zat besi lima kali lebih banyak, serta vitamin-vitamin dan mineral-mineral lain yang jumlahnya dua kali lebih banyak.

Bagaimana? Anda setuju apabila sudah saatnya kita menggunakan "a banana a day keeps the doctor away!"?

Source: from many sources