Bentuk Helm yang Benar


Kali ini kita akan belajar mengenai tipe helm yang benar. Disini mungkin beberapa dari kita masih mengalami pemahaman yang keliru mengenai helm. Contohnya adalah kita masih menganjurkan berkendara menggunakan helm type half face.

Setelah saya check ke sumber internasional ternyata helm yang termasuk dalam kategori half face adalah helm cethok, helm proyek dan sebagainya dengan kata lain helm yang tidak melindungi bagian belakang kepala. Tentu saja hal ini bertentangan dengan prinsip-prinsip keselamatan berkendara terkait dengan perlindungan kepala. Yaitu memilih helm dengan struktur yang dapat melindungi bagian belakang kepala.

Berikut penjelasan dengan gambarnya :

type-helm

  1. Half face, tidak melindungi bagian belakang kepala dan telinga atau bagian samping. Bentuknya seperti mangkok dibalik dan tidak dilengkapi dengan pelindung mata.
  2. 3/4 Face, struktur sama seperti half face, perbedaan keduaya terletak pada perlindungan telinga dan penutup bagian belakang kepala. Bentuknya semi jet dan tidak dilengkapi dengan pelindung mata.
  3. Open Face, struktur sudah berubah dibandingkan dengan model sebelumnya, dimana struktur pelindung menutupi bagian atas kepala, bagian samping dan bagian belakang. Biasanya dilengkapi dengan pelindung mata.
  4. Full Face, struktur sudah menyatu sehingga menguatkan struktur itu sendiri, dan dilengkapi dengan pelindung mata.

Dari penjelasan tersebut, pasti kita semua bisa menemukan bahwa standar minimal untuk helm saat berkendara adalah type open face bukan half face. Dan untuk pemakaiannya pastikan selalu untuk “klik”. Karena seaman dan sebagus apapun helm anda, tetapi bila anda terjatuh, dan helm terlepas dari kepala, maka semua kemanan dan kebagusan dari helm tersebut akan hilang, karena tidak melindungi kepala.

Bertindak aman mulai dari bentuk helm.

http://www.hidupaman.com/index.php/bentuk-helm-yang-benar.html