Manfaat kentang bagi kesehatan


Meskipun sering dikambinghitamkan sebagai makanan yang tidak sehat (padahal tergantung cara pengolahannya), namun umbi yang memiliki nama ilmiah Solanum Tuberosum ini sebenarnya menyimpan banyak manfaat dan bukannya hanya seonggok karbohidrat dan kalori seperti anggapan banyak orang.

Manfaat dari kentang antara lain:

- Menambah berat badan. Kentang kaya akan karbohidrat dan sedikit protein. Sangat sesuai untuk mereka yang kurus dan ingin menambah bobot tubuh. 

- Pencernaan. Karena kaya akan karbohidrat, maka kentang juga mudah dicerna tubuh. Makanya kentang sering digunakan sebagai makanan bagi pasien, bayi dan mereka yang sulit mencerna tapi memerlukan energi.

- Kesehatan kulit. Vitamin C dan B kompleks serta mineral seperti potassium, magnesium, fosfro dan seng sangat baik untuk kulit. Dan semuanya ada di kentang. Secara tradisional kentang juga sering digunakan untuk menghilangkan jerawat atau noda di wajah.

- Rematik. Vitamin, kalsium dan magnesium pada kentang dapat membantu mengurangi rematik. 

- Peradangan. Kentang sangat efektif untuk penanganan radang, baik internal maupun eksternal karena sarat akan vitamin C, potassium dan vitamin B06.

- Fungsi otak. Baik buruknya fungsi kinerja otak sangat tergantung pada kadar glukosa, suplai oksigen, beberapa jenis vitamin B kompleks, beberapa hormon, asam amino dan asam lemak omega 3. Kesemua itu bisa didapatkan dengan mengonsumsi kentang. 

Selain yang telah disebutkan diatas, kentang juga baik untuk jantung, pemulihan energi saat diare dan macam-macam penyakit lainnya. Masih takut makan kentang? Tenang saja, selama anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, seporsi kentang goreng ada manfaatnya juga kok bagi kesehatan.