Tips Menanggulangi Ketiak Yang Menghitam

Ketiak, selangkangan dan lutut merupakan daerah lipatan kulit yang rentan terlihat menghitam. Kulit yang menghitam sendiri, bisa disebabkan beberapa hal. 

Pertama, gesekan antara kulit dengan kulit, kulit dengan baju. Misalkan sering menggunakan celana dalam/luar yang ketat pada lipatan paha atau busana yang daerah lengannya ketat.

Kedua, akibat penggunaan deodorant yang terlalu keras atau ketiga penumpukan sisa deodoran di kulit yang tidak terangkat saat mandi dan keempat saat kaki berlutut dilantai tanpa alas yang lembut.

Keempat hal tersebut, bisa saja saling mendukung sehingga membuat kulit daerah lipatan semakin menghitam. 

Kulit yang menghitam itu sendiri adalah lapisan kulit mati yang bisa ‘dibersihkan’ dengan cara yang mudah, tapi butuh kesabaran.

Keberhasilan perawatan sangat tergantung pada ketelatenan Anda, karena makin tebal hitamnya, makin lama pula waktunya.Yang dapat Anda lakukan adalah: melakukan scrub secara teratur seminggu sekali. 

Pilihlah produk yang berasal dari bahan alami dan banyak butirannya. Gosok perlahan daerah yang menghitam dengan arah melingkar (lakukan sebelum mandi). 

Hindari menggosok keras, karena akan mengiritasi kulit dan membuat perawatan jadi harus dihentikan. Agar pengangkatan sel kulit mati jadi lebih maksimal.

Oleskan yogurth plain dahulu di daerah yang akan scrub. Yogurth dapat melepaskan ikatan pada sel kulit mati). 

Sejalan dengan melakukan scrub, ganti deodorant-antiperspirant Anda dengan produk yang formulanya lebih lembut