CARA ATASI INSOMIA

Tidur yang berkualitas ( tidur nyenyak ) pasti merupakan kondisi tidur yang diinginkan oleh setiap orang .Karena dengan tidur yang berkualitas akan membuat orang menjadi terasa sangat Fit pada saat ia terbangun dari tidurnya.
Tetapi pada kenyataannya banyak juga diantara kita yang tidak dapat mencapai kualitas tidur yang saya smpaikan tadi , yaitu tidur yang membuat kita segar pada saat terbangun.
Pada kehidupan metropolitan sering kali kita mendengar atau mungkin juga kita sendiri mengalaminya , Sering terbangun dari tidur dengan perasaan tidak segar tidak fit ,masih terasa lemas , pegal , mudah pusing , mengantuk disiang hari ,sulit berkonsentrasi dsb.

Bila hal ini terjadi hanya beberapa kali saja mungkin tak akan sampai mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari ,tetapi bagaimana bila ini terjadi hampir setiap hari ?? dapat dipastikan kinerja Anda akan menurun bahkan mungkin juga Anda akan jatuh sakit.
Bila hal ini telah terjadi pada diri Anda, jangan biarkan berlarut larut dan cari segera solusinya….
Sebenarnya, waktu yang ideal untuk tidur adalah sebanyak 6-8 jam sehari. Namun, seiring bertambahnya usia biasanya menjadi 4 jam sehari dan tingkat pulasnya pun dapat berkurang. Hal ini masih normal terjadi dan belum tentu dikategorikan sebagai insomnia.

Tidak hanya faktor usia, sulit tidur juga dapat disebabkan oleh efek samping obat. Misalnya, akibat mengonsumsi obat anti hipertensi, obat steroid, dan yang mengandung kafein. Jika harus mengonsumsi obat-obatan tersebut secara rutin, Anda dapat mengganti obat dari golongan berbeda tetapi memiliki manfaat serupa, tanpa ada efek samping sulit tidur.Tentunya ini harus Anda konsultasikan dengan dokter.
Untuk membantu mengatasi masalah sulit tidur, ada baiknya jika dimulai dengan mengatur opla hidup yang sehat. Keseimbangan antara aktivitas harian Anda, olahraga yang teratur , istirahat dan pola makan sehat serta lingkungan tempat tidur mempengaruhi kualitas tidur Anda di malam hari.

Olahraga diperlukan untuk menjaga stamina kebugaran tubuh. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin, di pagi atau sore hari, dapat dimulai dengan olahraga sederhana, seperti jalan kaki ,bersepeda ,renang dsb
Pola makan yang tidak teratur akan mempengaruhi kualitas tidur Anda, usahakan makan setidaknya 4 jam sebelum tidur dan kendalikan porsi makan Anda agar tidak terlalu kenyang. Sebaliknya, tidur dengan kndisi perut yang lapar tidak disarankan karena kadar gula akan turun yang mengakibatkan efek pusing saat bangun di pagi hari.

Sangat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung kadar lemak tinggi, gula, dan protein di jam-jam menjelang tidur malam. Sebaliknya, untuk membuat tubuh terasa lebih relaks, cobalah minuman hangat, seperti teh, susu, atau segelas air hangat yang dicampur madu dengan takaran 2 sendok makan. dengan cara ini akan membuat peredaran darah lebih lancar dan otot-otot lebih rileks sehingga lebih mudah untuk masuk dalam tidur
Faktor yang tak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan adalah lingkungan tempat Anda tidur ,apakah ventilasi dan aliran udaranya cukup baik ? Bagaimana dengan kebersihannya ? Semua ini dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.
Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tidur , bagaimana dengan pengalaman Anda sendiri ? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya ?