10 Tips Aman Di Twitter

Tips – Sifatnya sebagai jejaring sosial publik membuat Twitter kerap menjadi salah satu sasaran para peretas maupun pencuri untuk mengambil data pribadi sang pemilik.

TwitterApalagi menurut laporan ReadWrite.com di awal tahun, Indonesia tercatat sebagai negara pengguna Twitter nomor enam terbesar di dunia. Perkembangan pesatnya di tanah air tentu memiliki potensi merugikan dan tak lepas dari ancaman para pihak yang tak bertanggung jawab.

Berikut 10 tips penggunaan Twitter yang aman menurut Ema Linaker, AVG Global Head of Online Engagement :

1. Batasi Pembicaraan Anda

Para pengguna sering tak menyadari bahwa akun mereka merupakan akun publik (tidak dilindungi atau dibatasi), dimana semua orang bisa melihat tweet mereka. Pembicaraan detail dapat membuat kegiatan harian kita terbaca penjahat sebagai modal rencana kejahatannya.

2. Berhati-hatilah Membuka Tautan

Banyak orang menggunakan layanan pemendekan URL di Twitter, hingga sulit mengetahui situs yang anda kunjungi. Meski produk keamanan seperti linkscanner tersedia, bila ada keraguan mengenai tautan yang anda dapat, sebaiknya jangan dibuka.

3.Waspadalah

Waspadalah dengan aktivitas mencurigakan di timeline atau inbox anda. Jika ada tweet atau pesan berbau Spam, cek dulu apakah akun rekan anda telah terkena sasaran peretas atau perengkah.

4. Berfikirlah sebelum Tweeting

Meski telah dihapus, tweet anda ternyata masih dapat dilihat dengan menggunakan mesin pencari. Jadi pikirkan baik baik apa yang hendak ditulis, dan konsekuensinya.

5. Jangan Lekas Percaya

Anda tidak pernah tahu siapa saja follower anda di twitter. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang orang yang mungkin memiliki niat buruk.

6. Periksalah Aplikasi Pihak Ketiga Secara Seksama

Aplikasi pihak ketiga cenderung membutuhkan pasword dan username anda. Pastikan kemanannya dan carilah aplikasi yang banyak dibahas di situs terpercaya.