Rahasia Kulit Kencang, Sehat Dan Terawat - Tips Cara Merawat Jenis Kulit Berbeda

Keadaan kulit mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.sebagai suatu organ,kulit tidak hanya menutupi tubuh,tapi juga memberi sistem kekebalan dan membantu mengurangi toksin.

Kulit yang sehat ialah kulit yang mempunyai fungsi normal,tanpa kelainan dan penyakit.Atau secara klinis dikategorikan sebagai kulit yg halus dan kencang,cerah,bebas penyakit,berfungsi baik,mempunyai toleransi optimal,dan lembab.

Kulit manusia terdiri dari lapisan epidermis (kulit ari), dermis dan lapisan lemak kulit.sel-sel kulit pd manusia tumbuh secara terus menerus dan berganti setiap sekitar 28 hari sekali.pada lapisan epidermis terdapat komponen yg mengatur kadar air atau kelembapan kulit,serta sel-sel melanosit yg menghasilkan warna kulit.pd proses menua,epidermis menipis,kadar air berkurang,lalu kulit menjadi kering dan kusam.

Tubuh sebenarnya punya kelembapan alami,tetapi kelembapan itu kita kikis setiap hari saat mandi.Bahan-bahan yg terdapat pd sabun membuat kulit kering,apalagi jika mandinya menggunakan SHOWER PUFF,"

Selain mandi masih byk hal lain yg menjadi hilangnya kadar kelembapan kulit,misalnya paparan sinar matahari,penuaan,cuaca dan AC.jika dibiarkan tanpa pelembap yg baik,lama kelamaan kulit akan kendur,kering dan kusam.

memiliki kulit yg halus ,kencang dan sehat sebenarnya bukan hal yg tidak mungkin,asalkan kita mau melakukan perawatan sejak dini.salah satunya adalah dg rajin memakai pelembap setiap kali selesai mandi dan setiap kita merasakan kulit kering.

OLAHRAGA DAN NUTRISI

Kosmetik semahal apapun tdk bisa menutupi kulit yg kusam,karnanya jgn pernah tinggalkan olahraga.Berolahraga tdk hanya membuat tubuh bugar dan sehat,tapi juga memperbaiki sirkulasi darah ke jaringan.jika sirkulasi bagus,otomatis kulit akan cukup mendapat nitrisi.tidak hanya itu,olahraga juga menarik otot sehingga tidak kendur.Agar kulit kita sehat dan kencang,mulailah berolahraga,misalnya jogging satu jam dua kali seminggu atau ikut aerobic.

Hal yg tak kalah penting lain adalah pemenuhan nutrisi dari dalam melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran yg mengandung vitamin A,C DAN E yg sgt bagus untuk menjaga kemulusan kulit.vitamin A berguna untuk mencegah kekeringan pd kulit,sedangkan vitamin C dan E terkenal karen akhasiatnya sbg antioksidan.

PERAWATAN KULIT SECARA ALAMI

Untuk mendapatkan kulit yg sehat sebaiknya anda melindungi kulit dari pajangan matahari. Sinar UVA menghitamkan warna kulit dan juga meningkatkan resiko kanker kulit.sinar UVA ,paling berbahaya karna bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker),seharusnya tdk sampai kebumi karna disaring oleh lapisan ozon.Puncak radiasi sinar UV yg hrs dihindari,yaitu antara pukul 09.00-16.00.namun sinar UV sebelum pukul 09.00 sgt bermanfaat untuk pembentukan vitamin D.Jadi berjemur selama 15 menit pd daerah wajah dan tangan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D sehari.

Pemakaian tabir surya (sunscreen) sgt dianjurkan.tabir surya ialah zat yg mengandung bahan pelindung sehingga sinar UV pd matahari tdk dpt merasuki kulit.

Selain tabir surya untuk perawatan kulit dianjurkan penggunaan kosmetik yg baik dan benar.untuk kulit berminyak sebaiknya dipilih jenis kosmetik yg berbahan dasar lotion atau gel,bedak sebaiknya bedak tabur.untuk kulit sensitif gunakan produk hipoalergenik yg tdk mengandung pewarna dan pewangi dg keasaman produk(ph)=ph kulit yaitu sekitar 5,5.jika anda ingin mencoba kosmetika barn sebaiknya lakukan uji pakai dg cara mengoleskan di lengan bawah sisi telapak tangan atau dibelakang telinga,biarkan selama 24-48 jam.tapi yg perlu diingat ,pakailah kosmetik seperlunya saja jgn berlebihan atau melebihi aturan pakai.

FACIAL SCRUB atau masker wajah sebaiknya dipakai dua kali seminggu,begitu juga dg body scrub atau luluran.cuma disaat anda mengoleskan pd wajah atau badan jgn terlalu keras menggosoknya karna akan mengakibatkan tipisnya kulit.

YanG sebaiknya dilakukan ialah perawatan kulit sehari-hari dengan prinsi: pembersihan dengan susu pembersih lalu dibersihkan dg air dan sabun,penyegaran,dan pemupukan(pelembab),serta pelindung tabir surya.sementara untuk pembersihan kulit mati dilakukan dg facial ,cukup dilakukan sebulan sekali.

PERAWATAN WAJAH;PENTINGNYA MENGENALI JENIS KULIT SENDIRI
KULIT NORMAL; Jenis kulit ini tdk kering atau berminyak.pori-porinya terlihat ,namun tdk besar.setelah mencuci muka,kulit terasa lembut dan nyaman.di siang hari,kulit masih terlihat bersih dan fresh. CARA PERAWATANYA; cuci wajah dg gentle foaming facial wash.pijat wajah perlahan.segarkan kulit dg toner.langkah terakhir,oleskan pelembab dan baurkan dg merata menggunakan jari dg gerakan ke atas.

KULIT KERING;

Jenis kering memiliki tekstur tipis dan mirip kertas .ketika disentuh rasanya kering.pori-porinya sgt baik.setelah mencuci wajah ,kulit terasa kencang .disiang hari,timbul kulit yg mengering menyerupai serpihan putih tipis. CARA PERAWATANNYA;

PILIH pembersih wajah bertekstur creamy untk menghilangkan kotoran.diamkan bbrp saat sblm menghapusnya dg kapas.basuh wajah dg air dingin, untk hasil akhir menyegarkan.bubuhkan pelembap untk menjaga kelembapan kulit.

KULIT BERMINYAK

Tekstur kulit berminyak umumnya tebal dan kasar.pori-porinya besar dan terlihat jelas.sesaat setelah dicuci,wajah terasa nyaman dan bersih ,namun disiang hari,kulit terlihat shiny karena minyak yg berlebihan.CARA PERAWATAN;

Pilih pembersih wajah gentle foaming facial wash.produk ini akan mengangkat kotoran tanpa menghilangkan kelembapan kulit.bubuhkan asteingent lotion pd kapas dan sapukan merata ke wajah.kulit berminyak pun butuh pelembab,pilih yg bertekstur air dan dingin.

KULIT KOMBINASI;

APAKAH KULIT ANDA AGAK KERING DAN AGAK BERMINYAK DI BBRP AREA? bearti kulit anda masuk kategori ini.biasanya bagian pipi kering,sementara di area kening dan hidung berminyak di siang hari,wanita umunya memiliki jenis kulit ini.CARA PERAWATAN;

DI PAGI HARI GUNAKAN FOAMING FACIAL WASH untuk meembersihkan wajah.dimalam hari ganti pembersih dg krim pembersih untk melembabkan area kulit wajah yg kering.dg demikian keseimbangannya terjaga.gunakan astrigent diarea berminyak,dan penyegar diarea kering.oleskan pelembab secara merata ke seluruh wajah,fokuskan pd area ygt kering.

KULIT SENSITIF

JENIS KULIT INI ,GATAL2,KERING .di siang hari kulit kering dan kemerahan.CARA PERAWATANNYA;

Jangan gunakan facial wash atau sabun untk mencuci wajah.pilih lotion pembersih hypoallergenic.gunakan pelembab untk menguatkan kulit dan memepersiapkan penghalang untk iritasi kulit.pilih pelembab yg tak mengandung pewangi untk menghindari iritasi.